Pengembangan Pendidikan Agama Islam: Reinterpretasi Berbasis Interdisipliner
Rifqi Amin, A
Nomor Panggil2X7.3 / Rif / p

Jenis Teks
Lokasi Perpustakaan UGM
Penerbit LKIS
Tempat Terbit Yogyakarta
Edisi
Tahun 2015
ISBN 9786020809113
Deskripsi xix, 288 hlm. ; 23 cm.
Nomor Klasifikasi 2X7.3 / Rif / p
Subyek Pendidikan Islam
Bahasa Indonesian
Anotasi Buku ini merupakan pengantar atau kajian awal bagi siapa pun yang hendak mengembangkan Pendidikan Agama Islam (PAI) dari berbagai sudut pandang; filsafat, psikologi, sosiologi, dan institusi. Tujuannya adalah agar Pendidikan Agama Islam dapat berkembang secara dinamis di tenggah krisis kebangsaan yang mutlidimensi. Sungguh pun demikian, bukan berarti pengembangan PAI bisa dilakukan secara serampangan. Yakni, mengadopsi segala hal yang datang dari “luar” tanpa seleksi yang cermat. Bagaimanapun, PAI masih dihadapkan pada permasalahan dan kenyataan yang kompleks. Di antaranya persoalan normatif-ideologi, perbedaan kondisi alam, ekonomi, sosio-kultural, dan kesiapan semua pihak terutama masyarakat dalam menghadapi perubahan-perubahan. Bisa dikatakan, pengembangan sistem pendidikan Islam akan banyak menyentuh dimensi-dimensi normatif-ideologi, filosofis, psikologis, sosiologis, historis, kultural, ekonomi, dan bahkan kebijakan politik. Dalam usaha mengatasi persoalan-persoalan di atas, penulis mencoba memberikan tawaran-tawara gagasan tentang pengembangan PAI dari berbagai perspektif. Selain itu, penulis berharap buku ini bisa menjadi titik tolak dan landasan yang kokoh bagi pelaksana Pendidikan Agama Islam, pengembang, dan penentu kebijakan pendidikan dalam mengembangkan serta menyelenggarakan program PAI, baik di sekolah-sekolah, madrasah, pesantren maupun di perguruang tinggi. Buku ini sangat penting dibaca oleh guru dan dosen untuk dijadikan salah satu sumber referensi dalam pengembangan PAI baik secara praktis maupun konsep. Serta tentunya amat bermanfaat bagi kepala madrasah dan pengelola lembaga pendidikan berbasis Islam di antaranya sebagai pedoman dalam pengambilan kebijakan pendidikan Islam. Adapun bagi mahasiswa selain sebagai referensi dalam menyelesaikan tugas kuliahnya, buku ini dapat menjadi bahan dalam pengembangan potensi dan wawasan ke-PAI-an. Secara rinci sasaran konsumen buku ini adalah: 1. Mahasiswa S1 prodi PAI (Pendidikan Agama Islam) 2. Mahasiswa S1 Prodi PGMI (Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiah) 3. Mahasiswa S2 Prodi PAI 4. Mahasiswa S2 Prodi PGMI 5. Mahasiswa S2 Prodi MPI (Manajemen Pendidikan Islam) 6. Peneliti atau penulis yang fokus di bidang pengembangan PAI 7. Pendidik PAI di lembaga Pendidikan umum 8. Semua pendidik dan pengelola lembaga pendidikan Islam 9. Seluruh kalangan yang peduli terhadap pengembangan PAI Catatan: Segala penulisan istilah (kata) yang digunakan dalam buku ini semuanya sesuai dengan istilah-istilah yang ada di Kamus Besar Bahasa Indonesia. Dengan asumsi, segala istilah (kata) kecuali nama orang, tempat, dan semacamnya yang tidak ada di Kamus Besar Bahasa Indonesia penulisannya dicetak miring (italic).
Resensi
Catatan Umum
Jumlah Eksemplar 2
Barcode No Inventaris Status Lokasi Sub Lokasi Layanan Tipe Keterangan
161586PUS16/1586PUS/T/H/c.1TersediaPerpustakaan UGMSirkulasiDipinjamkan
161587PUS16/1587PUS/T/H/c.2TersediaPerpustakaan UGMSirkulasiDipinjamkan