Serat makna jati

Nomor Panggil149.3 / Ser / -

Jenis Teks
Lokasi Perpustakaan UGM
Penerbit Soemodidjojo Mahadewa
Tempat Terbit Yogaykarta
Edisi
Tahun 1941
ISBN
Deskripsi 28 hlm; 22 cm
Nomor Klasifikasi 149.3 / Ser / -
Subyek Mistisisme
Bahasa Javanese
Anotasi Dalam pandangan mistik kebatinan sebelum ada sesuatu (adam kadim ajali abadi) , yg ada adalah pangeran ,yang memilki dzat,sifat,asma,dan afngal.keberadaan gaib ini selalu tertutup oleh kelir( batas), karena itu manusia berusaha menemukan melalui batin melalui ketenangan batin, manusia akan mengetahui pagar gaib itu, yg dalam Serat Makna Jati meliputi : 1. KAYU, yaitu pohon hidup yang disebut “kayu daim”, artinya hidup abadi.manusia berusaha mencari pangeran untuk kembali ke situ dalam keadaan bersih. 2. NUR, yaitu cahaya yg terdiri dari 5 macam : nur riyat (cahaya yg membuat salah arah) berwarna hitam, nur rani berwarna merah yaitu cahaya nafsu, nur madi (cahaya kenikmatan) berwarna kuning, nur buwat berwarna hijau sebagai kesentosaan, nur muhammad berwarna putih sebagai cahaya yg terpuji. 3. SIR, yaitu rasa yg meliputi 6 hal, yaitu : sir ibtani yaitu rasa purba yg menjadi cahaya asmara nala, sir kabari yaitu rasa wisesa yang menjadi cahaya asmara puba, sir mala yaitu rasa sempurna yang menjadi cahaya asmara turida, sir baji yaitu rasa mulia sebagai cahaya asmaradana, sir kreki sebagai rasa sejati yang menjadi cahaya asmara tantra, dan sir wadha yaitu rasa menyatu, yang menjadi cahaya asmaragama atau disebut sir gaibi. 4.ROH, yaitu sukma yg terdiri dari 7 macam : roh jasmani” yang menggerakkan anggota badan “, roh rabadi yg menghidupkan bulu dan kuku, roh napsani yang menghidupkan nafsu, roh rohani yang menghidupkan sukma, roh nuani yang menghidupkan dzat, dan roh ilapi yang menghidupkan atmaatau roh kudus. 5. NAFSU, yg terdiri dari aluamah, amarah, supiah, dan mutmainah keempat nafsu ini akan selalu berimbang, sehingga pelaku mistik kebatinan berusaha menahnnya. 6. AKAL, artinya budiatau sering di sebut cipta dan terbagiada 2 macam : yaitu a.LOCITA yaitu keinginan batin yang disebut linggamaya, representasinya berupa nafas, grahita (tanggapan) dan hesthi (keinginan) . b.PANCAMAYA, artinya berupa osik (bisikan batin) yang masih ada dalam rasa. 7. JASAD, yaitu tubuh manusi yg terdiri dari jasad turat dan jasad latit, jasad turat adalah badan wadag (jasmani) dan jasad latit adalah badan halus yg disebut jirim (rohani).
Resensi
Catatan Umum
Jumlah Eksemplar 1
Barcode No Inventaris Status Lokasi Sub Lokasi Layanan Tipe Keterangan
191666PUS19/1666PUS/T/H/c.1TersediaPerpustakaan UGMKoleksi Langka (Hatta Corner)Tidak DipinjamkanIr. Koko W