Anda sedang menggunakan OPAC UGM yang terhubung ke beberapa unit/fakultas di UGM..Untuk pencarian koleksi, perhatikan LOKASI di mana koleksi tersebut berada ..

PW 2036/PDF SAL

Tingkat dan arah perkembangan wilayah kabupaten Kuningan

Sudrajat ; H.B.S. Eko Prakoso ; Dyah Widyastuti ; Salsabila Firdausi

Abstract:

Intisari:Kabupaten Kuningan merupakan daerah yang relatif tertinggal dengan besar PDRB yang rendah, namun memiliki laju pertumbuhan yang cukup baik sebagai indikasi adanya perkembangan wilayah. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tingkat perkembangan wilayah, mendeskripsikan arah perkembangan fisik kekotaan secara spasial, dan mendeskripsikan keterkaitan antara arah dan tingkat perkembangan wilayah dengan rencana tata ruang di Kabupaten Kuningan dalam kurun waktu tahun 2007 2017. Penelitian ini didasarkan pada metode kuantitatif deskriptif menggunakan data sekunder yang diperoleh dari survey ke instansi terkait dan studi literatur, serta data primer berupa luas lahan terbangun yang diperoleh dari hasil interpretasi citra satelit. Pengolahan dan analisis data dilakukan dengan teknik scaling dan pembobotan, indeks sentralitas skala Guttman, analisis spasial, serta triangulasi dengan studi literatur dengan pendekatan kewilayahan. Hasilnya dapat diketahui tiga tingkatan perkembangan wilayah tertinggi sampai dengan terendah yang digambarkan dengan Tipe I, II, dan III. sebagian besar tingkat perkembangan wilayah tiap kecamatan di Kabupaten Kuningan teridentifikasi termasuk dalam tipe I dan III, dengan tingkat perkembangan wilayah tertinggi terdapat di Kecamatan Kuningan sebagai pusat perkembangan wilayah tertinggi pada tahun 2007 2017, yang mendukung perkembangan wilayah di kecamatan lain khususnya kecamatan sekitarnya seperti kecamatan Kramatmulya, Cigugur, Kadugede, dan Sindangagung. Adapun perkembangan fisik kekotaan di Kabupaten Kuningan secara spasial menunjukkan kecenderungan perembetan dari pusat ibukota kabupaten di Kecamatan Kuningan ke arah utara dan ke arah timur. Perkembangan wilayah di Kabupaten Kuningan berdasarkan hasil identifikasi tingkat perkembangan non fisik dan arah perkembangan fisik perkotaan wilayah menunjukkan hubungan yang kuat dan memiliki kesesuaian dengan rencana tata ruang.

kembali

Penerbit Yogyakarta: Fakultas Geografi UGM, 2020
Tahun 2020
Deskripsi xv, 200 hlm, gambar, tabel.
No Klasifikasi PW 2036/PDF SAL
Bahasa Indonesian
Jenis Penelitian Skripsi
Subyek Rencanan Tata Ruang Wilayah
Kata Kunci tingkat perkembangan wilayah, indeks komposit, indeks sentralitas, arah perkembangan fisik kekotaan, rencana tata ruang wilayah, Kuningan,Jawa Barat
Jumlah Eksemplar 1
Barcode No. Inventaris Lokasi
  206106GEO   206106GEO   Perpustakaan Fakultas Geografi